Selasa, 30 Juli 2019

STORY BOARD PVZ

ANALISIS GAME PLANTS VS ZOMBIES
Plants vs. Zombies
Game Plants vs. Zombies adalah sebuah game strategi pertarungan antara zombie dan tanaman. Game ini seperti sebuah game yang  membentuk pertahanan agar musuh (zombie)  tidak bisa masuk ke markas (rumah) kita untuk memakan otak manusia. Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh PopCap Games untuk versi Windows dan Mac OS X dan didistribusikan oleh Electronic Arts untuk versi Android dan iOS. Platform lain yang juga mendukung game ini di antaranya, yaitu Google Chrome, Xbox Live Arcade, PlayStation Network, Nintendo DS, DsiWare, Bada, Windows Phone, PlayStation Vita, BlackBerry Tablet OS, dan BlackBerry.

Permainan melibatkan pemilik rumah dengan menggunakan banyak jenis tanaman untuk melumpuhkan serangan dari para zombie. Game ini pertama kali dirilis pada 5 Mei 2009 dan terus dikembangkan untuk berbagai platform game sampai Februari 2011. Saat bermain game ini kita diharuskan melawan para zombie yang bisa memakan apa saja termasuk otak manusia. Semakin tinggi level yang kita mainkan, maka zombie yang menyerang akan semakin bervariasi sesuai dengan level dan tentunya akan menjadi sulit untuk dikalahkan. Selain itu tanaman-tanaman juga akan berkembang sesuai dengan kesulitan dari level yang kita mainkan. Jika suatu level telah terselesaikan maka sebuah bonus akan kita dapatkan yaitu tanaman baru serta alat-alat baru.
SKENARIO
Mode-Mode dalam Game Plants vs. Zombies
Seperti yang kita lihat pada gambar, Game ini terdiri dari 4 Mode, yaitu:





1.   Adventure
Pada mode ini kita bermain untuk melawan zombie. Game ini terdiri dari banyak level. Semakin tinggi level yang kita mainkan memiliki tingkat kesulitan tertentu. Final dari game ini adalah melawan Boss dari para zombie. Selain itu, kita juga akan mendapatkan kejutan setelah kita menyelesaikannya mode ini.
1.   Mini Games
Games ini dapat kita mainkan apabila kunci dari game ini telah terbuka yakni sebuah kado yang kita dapatkan pada Adventure mode yang bertuliskan bahwa mode ini telah dapat dimainkan. Pada mode Mini Games, terdapat 20  game mini yang dapat kita mainkan dan apabila kita memenangkan game ini, kita akan mendapatkan throphy dan diminta untuk mengumpulkannya hingga lengkap 20 throphy.
2.   Puzzle
Mode ini tidak dapat dimainkan apabila kita belum mendapatkan izin atau menyelesaikan Adventure Mode. Pada game ini terdapat 2 jenis.
a.    Vasebreaker
Di sini kita diminta untuk menyerang zombie-zombie dengan memecahkan vas yang bisa saja berisi zombie atau tanaman-tanaman yang dapat membunuh zombie-zombie tersebut.
b.   Zombie
Di sini kita menjadi zombienya, di mana kita diminta untuk menyusun strategi agar dapat memakan tanaman dan  memasuki markas.
Pada kedua mode ini kita dapat mengumpulkan throphy apabila menang dan melengkapinya.
3.   Survival
Adalah mode pertarungan di mana kita akan mengatur strategi untuk mengalahkan zombie. Pada mode ini kita harus bertahan dengan serangan-serangan dari zombie-zombie di berbagai tempat dan waktu seperti pada Adventure Mode, misalnya di atap, kolam renang baik siang maupun malam hari.
Plants (Tanaman)
Terdapat 40 jenis tanaman yang ada pada permainan ini. Berikut ini adalah contoh beberapa tanaman yang ada pada permainan ini. Kita dapat mengetahuinya pada Almanac. Almanac dapat kita dapatkan pada Adventure Mode. Berikut beberapa contohnya:
1.   Peashooter
 
Merupakan tanaman dasar yang ada pada gudang senjata. Tanaman ini muncul pertama kali kita memainkan game ini. Serangan yang dihasilkan cukup kuat dan efektif untuk melawan zombie.
2.   Sunflower
 
Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah matahari yang akan pemain dapatkan. Matahari sangat penting bagi kelangsungan hidup tanaman. Dengan mengumpulkan banyak sinar matahari, pemain dapat menambah berbagai macam tanaman untuk melawan zombie.
3.   Cherry Bomb
 
Tanaman ini untuk memberikan reaksi eksplosif bagi para zombie yang  berada di dekatnya.  Bekerja dalam jarak 3x3 yang berpusat di sekitar tempat di mana pemain menempatkannya.
4.   Wall-Nut
Tanaman pertahanan yang cukup kuat, yang akan terus mencegah para zombie di titik di mana pemain meletakkannya. Karena para zombie akan memakan terus tanaman ini hingga habis.
5.   Snow Pea
Seperti Peashooter, tanaman ini juga akan menembak para zombie. Namun, tanaman ini akan membekukan zombie dan membuat pergerakan mereka lebih lambat.

Zombies
Terdapat 26 jenis zombie penyerang pada permainan ini. Zombie-zombie inilah target atau yang akan kita kalahkan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari beberapa zombie penyerang.
   
1.   Regular Zombie
Zombie yang paling mudah dihancurkan. Namun, jumlah mereka sangat banyak.
2.   Flag Zombie
Memimpin setiap datangnya sekumpulan besar zombie.
3.   Conehead Zombie
Regular zombie dengan topi kerucut di kepalanya. Memakan waktu sekitar dua kali perusakan dari regular zombie.
4.   Pole Vauting Zombie
Memiliki galah yang dapat digunakan untuk meloncati tanaman pertama yang berada di dekatnya.
5.   Buckethead Zombie
Merupakan zombie dengan ember besi di kepalanya, membutuhkan waktu 5 kali lebih lama dari perusakan regular zombie.  Namun, embernya dapat dilumpuhkan (dicuri) apabila kita memiliki magnet-shroom.
 
Level Design
Level design game ini dibuat dengan variasi kondisi waktu dan lahan. Level yang berdasarkan waktu yaitu pada saat siang dan malam hari, hal ini berpengaruh terhadap tanaman-tanaman yang lebih berguna saat kondisi siang atau malam hari. Level yang berdasarkan lahan yaitu halaman depan (hanya tanah rumput), halaman belakang (terdapat kolam), dan atap rumah (harus menggunakan pot). Setiap level akan mempengaruhi tanaman-tanaman yang akan dipilih.


SCRIPT (ANALISIS GAME PLANTS VS. ZOMBIES MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY)

Pada analisis ini penulis berusaha untuk memberikan salah satu cara pemecahan masalah, yakni membentuk formasi penyerang dengan minimal 1 jenis sumber, 1 jenis pertahanan dan sisanya adalah tipe penyerang dengan dampak terbesar yang bisa dicapai. Selain itu yang menjadi sasaran utama dari formasi ini adalah konsumsi sun cost yang minimum dan pengisian ulang yang minimum. Hal ini dilakukan agar dampak penyerangan bisa lebih banyak dilakukan dengan memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Pada pembahasan ini akan mengulas permainan dengan arena rumput, mode siang hari, dan maksimum tanaman yang bisa digunakan sebanyak 6 karakter.

Element Greedy Pemilihan Karakter
1.   Kandidat
Yang menjadi kandidat dalam permasalahan ini adalah 17 karakter tanaman yang dapat hidup di rumput dan dapat hidup siang hari.
2.   Himpunan Solusi
Pada kasus ini yang termasuk himpunan solusi adalah kumpulan 6 karakter yang akan dimainkan dalam permainan nantinya.
3.   Fungsi Seleksi
Pada permasalahan ini yang merupakan fungsi seleksi yakni pemilihan kandidat berdasarkan minimum nilai sun cost dan waktu pengisian ulang paling sedikit.
4.   Fungsi Kelayakan
Pada permasalahan di atas yang merupakan fungsi kelayakan yakni dibutuhkan karakter berjenis sumber  1  buah,  1  karakter berjenis pertahanan, dan 4 sisanya adalah berjenis penyerang di mana bila sudah memenuhi jumlah sumber dan pertahanan untuk tipe pertahanan dan sumber yang lain tidak akan dipertimbangkan.
5.   Fungsi Obyektif
Pada kasus ini fungsi obyektifnya yakni memilih karakter jenis penyerang dengan dampak sebesar-besarnya.
Setelah dilakukan percobaan terhadap kombinasi di atas, terbukti untuk awal permainan fondasi utama dari penyerangan adalah Peashooter, di mana pada tingkat zombie serangan dadakan pertama akan ditahan oleh Wall-nut, sekaligus memperlambat musuh. Efek dari Wall-nut membuat pemain dapat menampung banyak sun cost yang pada serangan dadakan pertama pemain bisa membuat barikade SnowPea yang sekaligus memperlambat dan membantu penyerangan terhadap zombie.
Untuk serangan dadakan ke-2, di mana musuh datang lebih banyak, Wall-nut menjadi kewalahan menghadapi zombie. Untuk mengatasi serangan dadakan, Squash mampu menghabisi musuh dengan cepat. Pada serangan dadakan terakhir, Repeater sangat berperan penting dengan tembakan gandanya. Pada serangan dadakan ke-3, pemain telah cukup mengumpulkan sun cost berkat formasi awal, sehingga untuk menanam Repeater tidaklah sulit. Pada formasi ini peluang menang lebih tinggi ketimbang peluang kalah.

Kesimpulan
Pada dasarnya salah satu komponen utama dalam kemenangan permainan Plants vs Zombies adalah pemilihan  karakter  yang  akan  digunakan,  apalagi  kita memiliki keterbatasan karakter yang bisa digunakan. Salah satu cara pemilihan karakternya bisa melalui algoritma Greedy, terbukti algoritma ini dapt menentukan formasi karakter yang baik berdasarkan jumlah cost  minimum, pengisian ulang dan dampak yang dikeluarkan. Meskipun bukan merupakan solusi paling optimum, tetapi algoritma ini terbukti dapat memberikan solusi optimum lokal yang mendekati solusi optimum global dengan waktu yang cepat. Algoritma greedy merupakan salah satu algoritma yang cocok dalam memilih karakter dengan waktu yang cepat.

STORYBOAD
Map 1 : Day
Zombie yang ingin memakan organ sang pemilik rumah(otak) menyerang disiang hari, tidak sulit untuk para tanaman untuk menghadanya karena sinar matahari dapat membantu untuk menambah point matahari. Diharuskan untuk melewati 9 Level agar dapat melanjutkan ke stage selanjutnya.



Map 1 Extra : Day (Bowling Nut)
Setiap melewati 4 stage dalam 1 level, maka akan dihadapkan pada Bowling Nut.

Map 2 : Night
Zombie menyerang pada malam hari, membuat tanaman sedikit kewalahan disamping tidak adanya sinar matahari, dikarenakan juga akan muncul batu nisan pada halaman yang akan mengeluarkan zombie pada saat wave.

Map 2 Extra : Night (Hit Zombie)
Stage extra ini setiap melewati 4 Flag, kita harus bisa memukul zombie yang bangkit hingga wave selesai untuk kemudian melanjutkan pada stage berikutnya.

Map 3 : Pool
Para zombie belum menyerah, dan mencoba masuk melewati kolam renang. Dengan begitu tanaman air sangat berperan penting disini. Pemain harus bisa melewati level ini untuk melanjutkan ke level selanjutnya yaitu Fog.

Map 4 : Fog
Pada level ini zombie menyerang dimalam hari di kolam renang, terdapat 2 tingkat kesulitan dimana tidak adanya sinar matahari dan kabut yang menutupi sebagian halaman. Jika dapat melewati level ini maka akan masuk pada level terakhir yaitu Roof

Map 5 : Roof
Zombie tidak kehabisan akal, maka mereka mencoba masuk melewati atap dan menuju ke cerobong asap. Jika pada level-level sebelumnya tanaman dapat diletakkan dengan mudah, maka pada level ini tanaman harus diletakkan pada wadah yaitu Pot.
 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar